BATAK MUSIK ENTERTAINMENT

Download Mp3, Videos dan lyrics - Music News - Jokes - Entertainment - Batak Forum

23 Maret 2014

Malaysia Ingin Klaim Tari Tor-tor


KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia ingin mengakui Tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sambilan (Sembilan Gendang) dari Mandailing sebagai salah satu warisan budaya negara tersebut.
Kantor berita Bernama di Malaysia menyebutkan, Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Rais Yatim berencana mendaftarkan kedua budaya masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005.

"Tetapi (pengiktirafan ini) dengan syarat, pertunjukan berkala mesti ditunjukkan, bermakna tarian mestilah ditunjukkan, paluan gendang dipelbagaikan dalam pertunjukan di khalayak ramai," kata Rais dalam acara peresmian Perhimpunan Anak-Anak Mandailing di Kuala Lumpur sebagaimana diberitakan situs Bernama, Kamis (14/6/2012).
Dalam situs itu disebutkan pula bahwa rencana itu penting dilakukan untuk memperjuangkan seni dan budaya masyarakat Mandailing. Upaya ini juga bertujuan membuka wawasan warga di negara tersebut tentang asal usul mereka.
Masyarakat Sumatera Utara, Indonesia, mengenal Tari Tor-tor sebagai salah satu bagian dalam upacara-upacara adat untuk menghormati para leluhur. Adapun Mandailing merupakan salah satu suku di Sumatera Utara. 

[sumber : bernama.com]

Judul Artikel : Malaysia Ingin Klaim Tari Tor-tor
Kategori Artikel : ,
Ditulis Oleh : Sary Damanik
Jika link download Eror (Rusak), tolong beritahu kami melalui kotak komentar.
Advertise Here [300x250]

Komentar Facebook

5 komentar untuk "Malaysia Ingin Klaim Tari Tor-tor"

  1. malaysia tak tau diri.....
    jelas itu budaya asli indonesia.

    BalasHapus
  2. Skalian aja malashit klaim babi panggang, saksang aili (babi hutan) saksang biang(anjing), saksang ulok(ular), tumbuhan andaliman..
    Dah lengkap..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  4. Indonesia sudah berulangkali dihina.
    Tapi entah karena kita terlalu sabar atau tidak tegas, malah membuat mereka terus mengulanginya. Atau mungkin karena media mereka dikuasai 100% oleh pemerintah?

    Nanti di waktu itu telah datang, paruh Garuda kita akan mengganas membunuh harimau licik itu.(tapi kapan?)

    BalasHapus
  5. Ingin saya jelaskan di sini kepada kalian supaya tidak menjadi salah faham. Pengiktirafan Tarian tor-tor dan Gondang sambilan itu sebagai warisan negara malaysia bukanlah bermaksud malaysia mengatakan ia adalah berasal dari malaysia tetapi bermaksud ia diiktiraf sebagai salah sebuah seni yang pernah dimainkan dahulu kala dan ia juga merupakan kebudayaan masyarakat malaysia yang berbilang kaum tidak kira mereka berasal dari indonesia atau china ataupun india. Harap kalian faham.

    BalasHapus